Penjelasan CTR atau RKT Google Adsense (Trik RKT)

Penjelasan CTR atau RKT Adsense (Trik RKT) - CTR di google adsense adalah singkatan dari Click Through Rate atau bahasa kita di indonesia adalah Rasio Jumlah Klik. artinya bandingan iklan yang ditayangkan dan iklan yang di klik oleh visitor. Apabila semakin banyak yang meng klik iklan pada situs blog kita pastinya penghasilan kita sebagai publisher google adsense meningkat, dan CTR akan semakin naik dari hitungan jumlah Click. dari cara perbandingan google adsense.

Penjelasan RKT.?
RKT yang biasa didegar sekarang adalah singkatan dari Rasio Klik Tayang dari bahasa indonesia yang digunakan publisher. Jadi kesimpulan nya CTR atau RKT di adsense bahasa yang sama.

Bilamana CTR atau RKT semakin besar jumlahnya sebetulnya semakin baik, dikarnakan bilamana banyak klik iklan berarti artinya pengunjung situs blog kita banyak, dan juga ada beberapa paktor lain nya yang mempengaruhi peningkatan jumlah klik yang dapat kita maksimalkan seperti contohnya memberikan penempatan iklan adsense yang strategis dalam situs blog kita.

Penjelasan Klik Iklan Invalid atau Tidak Sah.
Tidak diperbolehkan bermain curang dalam memainkan iklan google adsense untuk memperbesar jumlah CTR atau RKT karna google sudah memahami perhitungan nya ditayangan iklan, dan pastinya sudah tau dengan perbandingan situs blog kalian dari perhitungan nya. Apabila diketahui ada klik atau trafik yang invalid google adsense tidak akan segan memberikan  penalti kepada publisher tersebut. Penalti yang pertama bisa disebut Smart Pricing, yaitu sebuah teguran awal yang diberikan oleh google karena menemukan sejumlah kejanggalan pada klik iklan milik publisher tersebut yang mengacu kerugian pada pihak advertiser (Pengiklan) sehingga klik yang dihasilkan tidak akan SAH.

Smart pricing
Smart pricing itu digunakan oleh google untuk menghindari klik yang tidak disengaja. Atau bukan karena keinginan visitor. Sehingga dengan adanya smart pricing maka nilai bid dari suatu blog yang terkena menjadi rendah. Atau bahasa yang lebih mudah dipahami BPK (bayar per Klik) atau CPC (Cost per Click) jadi semakin rendah.

Penjelasan BPK Adsense
Bayar per klik (bahasa Inggris: pay per click) adalah sebuah metode kerja sama periklanan di internet yang berarti pemilik situs akan dibayar atas setiap klik dari pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya program-program PPC (Pay Per Click) mengisyaratkan situs atau blog dengan menggunakan bahasa Inggris. Ada banyak program-program PPC di Indonesia.

Di antara semua program-program PPC, Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata untuk menghasilkan dolar dengan memasang iklan di situs web atau blog. Dengan semua ini kita bisa menghasilkan penghasilan dolar dari sebuah blog atau situs web. Sementara di Indonesia, ada cukup banyak situs blog PPC/BPK dengan kelebihannya masing-masing khususnya dalam pembayaran.

Hukuman paling fatal bagi publisher Adsense yaitu Banned Akun.
Banned Akun merupakan hal yang paling tidak disukai publisher adsense. Walaupun bisa mengajukan banding, jika yang menjadi permasalahan adalah yang berhubungan dengan klik iklan sendiri maka sulit sekali untuk bisa kembali.

Page RPM ( Revenue per Thousand Impression)
RPM memiliki kemiripan dengan eCPM, tetapi e CPM yang dihitung adalah pageview dari blog, sedangkan dalam RPM yang dihitung adalah pageview yang muncul dalam iklan. Dengan RPM anda bisa menentukan pendapatan dari perseribu iklan yang muncul.
Rumus untuk menghitung RPM itu seperti ini.

Perkiraan penghasilan dibagi dengan jumlah pageview dikalikan dengan seribu. Lebih jelasnya seperti Taksiran penghasilan dikali Jumlah Pageviews (iklan)
Misalkan RPM milikimu adalah 2$ maka artinya jika ada 1000 iklan yang muncul dalam blogmu akan menghasilkan 2$. Dari blog anda bisa mengetahui berapa estimasi pendapatanmu pada hari itu. Dan andatentu bisa merancang strategi agar pendapatanmu bisa naik.

Perlu diketahui bahwa RPM itu bukan penghasilan untuk earning, tetapi estimasi pendapatan yang bisa anda dapat per1000 iklan yang muncul.

Tingkatkan  RPM
Cara termudah meningkatkan RPM adalah mengurangi jumlah iklan, tetapi tentu saja juga akan mengurangi jumlah penghasilan. Karena dengan jumlah iklan yang muncul berarti kemungkinan penghasilan dan pageview juga menurun. Untuk mengatasinya maka akan ada dua opsi yaitu:

  1. Kurangi Iklan Yang Tampil Pada Blog Anda. Dengan mengurangi iklan yang tampil pada blog anda akan mengurangi jumlah klik yang tidak stabil, ini hanya salah satu cara apabila blog yang anda kelola belum mendapatkan visitor yang cukup.
  2. Atau menaikan visitor (Pengunjung) Dengan munculnya banyak pengunjung pada situs blog anda maka otomatis RPM juga akan kembali naik. Dengan begitu penghasilan juga akan kembali naik. Atau silahkan anda tingkatkan pageview dengan PBN.

Penjelasan PBN .? 
PBN (Private Blog Networks) adalah sekumpulan blog yg yang sengaja diciptakan dari ygexpired domain yang memiliki criteria tertentu untukyg keperluan backlinking dan SEO. ygPrivate Blog Networks dapat menjadi senjata yang ampuh dalam ygSEO, selain itu kita mempunyai control ygyang penuh terhadap sumber backlink ini. Dalam membuat blog network ygkita harus memperhitungkan budgetyg dan waktu yang akan diperlukan untuk mengurus PBN ini,yg jangan sampe malah kelamaan mengurus PBN ygdaripada moneysite.

PBN Biasanya terdiri dari high PR domainyg yang memiliki IPs yang berbeda. ygKita bisa mengarahkannya ke money site atau bahkan ke backlink lainyg untuk keperluan indexing.yg PBN biasanya lebih mengandalkan kekuatan dari domain yang ygsudah ber page rank dan telah mempunyaiyg backlink sebelumnya. Karena untuk memelihara ygPBN ini juga membutuhkan waktu dan pekerjaanyg yang tidak sedikit. Untuk itu dalam membangun PBN ygada beberapa criteria khusus seperti minimal page rank 4 yg(supaya kalo drop tidak terlalu jauh atau ada jeda ke page rank 0), ygdomain masih memiliki backlink dan yglain sebagainya.

Membuat BPK atau CPC meningkat.
Blokir iklan yang tidak relevan pada blog anda.
Kalau blog anda adalah blog yang memiliki banyak niche atau bisa dibilang gado gado maka tidak ada iklan yang relevan pada blog anda, kecuali iklan yang memiliki nilai CPC atau BPK (bayar per Klik)nya rendah. Nanti pada postingan lain akan dibahas lengkap tentang cara simple dan mudah untuk blokir iklan yang tidak relevan atau memiliki nilai bayar yang rendah.

Untuk mengetahui iklan mana yang paling banyak menghasilkan dan paling berpotensi pada adsense kamu bisa mengelompokkan iklan berdasarkan chanel. Sehingga sebelum anda memutuskan untuk mencopot iklan, sudah anda pastikan dengan baik bahwa bukan iklan yang paling menghasilkan dalam blog anda.

Kesimpulannnya adalah RKT yang tinggi akan semakin baik untuk adsense jika memang itu dilakukan oleh pengunjung. Tetapi ada satu hal yang tidak mungkin dari RKT yaitu tidak bisa menyentuh angka 100%. Dan Kalaupun ada kejanggalan misalkan RKT sudah mencapai 10% maka maka ada klik berlebihan dengan tayangan laman yang tidak stabil.

Terimakasih sampai disini saja saya memberikan Penjelasan CTR atau RKT Google Adsense (Trik RKT), semoga dapat dipahami dengan sejelas - jelasnya. Salam IdSiteBlog
Advertisement
Penjelasan CTR atau RKT Google Adsense (Trik RKT)