Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress

Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
My admin Idsiteblog.com : Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Apakah anda seorang blogger sudah tau tentang layanan platform.. ? Nah jika belum tau saya akan membahasnya sekaligus untuk cara menginpor platform A ke platform B

Apa yang dimaksud dengan Platform Blogger..?

Seperti yang dikatakan Situs Wikipedia Platform Blogger adalah layanan penerbitan blog yang memungkinkan blog multi-pengguna dengan entri bertanda waktu. Ini dikembangkan oleh Pyra Labs, yang dibeli oleh Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut dihosting oleh Google dan umumnya diakses dari subdomain blogspot.com. Blog juga dapat dilayani dari domain khusus yang dimiliki oleh pengguna (seperti www.example.com) dengan menggunakan fasilitas DNS untuk mengarahkan domain ke server Google. [4] [5] [6] Seorang pengguna dapat memiliki hingga 100 blog per akun. [7]

Hingga 1 Mei 2010, Blogger juga mengizinkan pengguna untuk mempublikasikan blog ke server hosting web mereka sendiri, melalui FTP. Semua blog semacam itu harus diubah untuk menggunakan subdomain blogspot.com, atau arahkan domain mereka sendiri ke server Google melalui DNS. [8]

Apa yang dimaksud dengan Platform WordPress..?

Platform WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

Saya yakin bahwa anda sebenarnya sudah memahami arti dari Platfrom Blospot Atau WordPress seperti yang di terangkan wikipedia diatas. Jika masih kurah paham saja berikan sedikit penjelasan detilnya terlebih dulu.

Pengertian Blogspot / WordPress
Blogspot / WordPress ini adalah yang biasa banyak disebut orang Website, Situs yang ada dalam jangkawan internet merupakan sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam sebuah posting dan disimpan dalam sebuah halaman site online dan biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi dan membaca isi dari blog tersebut.

Sejarah
Pada awalnya blog dipopulerkan oleh perusahaan Pyra Labs dengan produknya yang platfrom blogger.com, kemudian pada akhir tahun 2002 perusahaan internet raksasa Google mengakusisi Pyra Labs, sejak saat itu perkembangan dari blog sangat pesat dan banyak didukung oleh aplikasi - aplikasi yang mempunyai sifat terbuka dan kesemuanya diperuntukan untuk perkembangan para Blogger diseluruh dunia.

Apa Fungsi Blogspot / WordPress
Fungsi dari Blogspot atau WordPress ini bermacam - macam, hal ini tergantung dari keinginan para pembuatnya, kebanyakan pembuat blog banyak digunakan untuk sebuah tempat catatan harian dan media publikasi untuk kampanye atau bisa juga untuk penyebaran program - program sebuah perusahaan. Banyak dari blog yang juga menyediakan fasilitas interaksi dari para pengunjung blog tersebut misalnya, buku tamu dan komentar. sehingga dapat membuat blog tersebut hidup dan Platfrom tersebut sebagai ajang diskusi dan tanya jawab.

Nah tulisan saya diatas mungkin Telah Anda pahami tentang Platfrom Blogspot dan WordPres ini seperti halnya adik kaka tidak jauh perbedaannya.

My Idsiteblog.com : Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Sekarang saya terangkan Tutorial Cara Membackup, Mengimport dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress. Tutorial ini hanya untuk yang blognya yang telah melakukan custom domain TLD seperti contoh ( .com, .org, .info, .xyz, .net dan banyak domain lainnya. ) Bagi yang masih menggunakan subdomain blogspot.com, mohon maaf sekali cara ini tidak dapat anda gunakan sama sekali, tapi mungkin tidak ada salahnya jika blog Anda belum ber costum domain TLD juga lumayan postingan ini akan berguna untuk yang ingin berkecimblung di blog - dapet ilmu :D

Sebenarnya kita juga harus berhati hati jiga telah mempunyai blog karena ada kemungkinan blog Anda akan dihapus oleh google JIKA hal yang telah publikasikan di blog melanggar TOS dari google.

Silahkan Baca : TOS Google

Antisipasi Mengamankan Blog
Antisipasi yang bisa kita berikan caranya sangatlah gampang dan sederhana, yaitu tinggal kita melakukan pem backup pan blog kita secara berkala agar jika blog kita terkena musibah kita bisa memindahkannhya ke platform lain, dalam hal ini khususnya WordPress.

1. Untuk Pertama
Silahkan anda masuk ke Bloger.com dan pilih salahsatu blog yang berdomainkan TLD. dan klik setelan blog Anda seperti digambar berikut.




Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress

2. Selanjutnya silahkan klik Lainnya:
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
3. Lanjut Klik Ekspor blog:
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
4. Terakhir tinggal Anda simpan di komputer terlebih dahulu dan berikan nama yang gampang diingat saja pada saat Anda menyimpannya agar tidak lupa :
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Selesai...

Cara tersebut adalah untuk menyimpan blog Anda dari platform blogger ke komputer. Silahkan lakukan secara rutin untuk antisipasi apabila blog Anda dihapus anda dapat langsung mengimpor ke WordPress.

Untuk selanjutnya jika anda telah fix memang ingin Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress silahkan ikuti langkah dibawah ini.
Ada beberapa langkah untuk memindahkan isi dari postingan blogspot ke wordpress silahkan Anda simak dengan lengkap dan teliti.

Caranya kurang lebih persiapan Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress sebagai berikut :

  1. Sewa web hosting
  2. Add Domain
  3. Instal wordpress
  4. Setting nameserver domain
  5. Setting URL permalink
  6. Impor postingan
  7. Selesai

Walah apanntuh gak jelas singkat banget ya... hehe jangan kawatir karna akan saya jelaskan dengan sejelas jelasnya dibawah ini :

1. Sewa Web Hosting

Apa yang dimaksud dengan Hosting?
Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.

Pengertian Hosting dapat diibaratkan sebagai contoh berikut; sebuah website diibaratkan sama dengan kios/ruangan di Mall.

Manajemen Mall menyewakan ruangan, infrastruktur, listrik, telepon dan fasilitas lainnya agar orang-orang dapat membuka usaha. Setiap kios pengelolanya dapat berbeda, dekorasinya berlainan dan beroperasi masing-masing dengan caranya sendiri. Dalam hal ini kios atau ruangan yang disewa tentu mempunyai batasan ruangan (mis: 10m x 7m) dan maksimum adalah besarnya gedung Mall tersebut.

Perusahaan Hosting seperti idwebhost menyediakan hardware, jaringan (infrastruktur), email (telepon), dan sebagainya agar anda dapat membuka/membuat website. Server (gedung Mall) kami dihuni oleh banyak pelanggan, masing-masing pelanggan mempunyai batas penggunaan diskspace (batasan ruangan) dan tentu saja setiap pelanggan mengoperasikan websitenya masing-masing.

Pertama yang perlu Anda lakukan tentu saja harus menyiapakan sebuah web hosting untuk menyimpan blog kita nantinya supaya bisa diakses di internet. Untuk jasa hosting silahkan mencoba seperti yang saya rekomendasikan adalah jasa hosting IdWebhost.com

2. Apa yang dimaksud "Add Domain"

Langkah kedua adalah menambakan domain ke web hosting kita. Domain yang akan kita tambahkan di sini adalah domain yang sedang Anda gunakan di blogspot.

3. Meng Instal WordPress 

Langkah selanjutnya adalah menginstal mesin WordPress di hosting kita.
Untuk cara instal wordpress sendiri sudah sangat banyak sekali yang membahasnya, jadi silakan bisa Anda mencarinya sendiri. Atau bisa baca Cara Menginstal WordPress

4. Setting Nameserver Domain
Sama halnya seperti instal wordpress, cara setting nameserver domain juga bisa dibilang sudah sangat umum, saya yakin Anda sudah bisa. Kalaupun belum bisa, sudah banyak yang menuliskan tutorialnyai. Intinya di sini adalah kita mengarakan domain yang sedang kita gunakan di blogspot ke web hosting baru yang sudah kita sewa sebelumnya. ( Idwebhost.com )

5. Setting URL permalink

Untuk langkah kelima (5) ini saya beritahukan agar tidak terlewatkan ini, karna Anda juga pastinya tidak mau kehilangan banyak visitor setelah blog anda telah berpindah ke platfrom wordpress.
Pada langkah ini saya anggap Anda sebelumnya sudah berhasil mengistal wordpress dan mengarahkan domainnya. Selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah masuk ke dashboard blog Anda di www.namadomain.com/wp-admin.

Selanjutnya jika sudah masuk di dashboard wodpress, silahkan menuju ke menu Settings > Permalinks. seperti contoh gambar dibawah ini.
Seting / MemBackup Postingan Blogger Pindah ke WordPress
6. Pilih/Check pada bagian Custom Structure dan masukan susunan permalink diwawah ini: /%year%/%monthnum%/%postname%.html "lihat contoh pada gambar"
Seting / MemBackup Postingan Blogger Pindah ke WordPress
Selesai... Anda tinggal simpan dan sudah berhasil

6. Impor Postingan

Jika cara diatas telah berhasil silahkan anda tinggal mengimpor postingan yang telah anda simpan tadi dalam komputer.
Pertama yang harus Anda lakukan adalah menconvert file .xml yang berisi backup postingan blogspot tadi menjadi file .xml versi wordpress agar nantinya bisa kita import ke wordpress.
Bagaimana caranya..?
Caranya mudah sekali, silahkan Anda mengakses situs yang beralamat  http://blogger2wordpress.appspot.com/ dan upload file .xml blog Anda :
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Lanjut > Klik Convert dan tinggal simpan saja file hasil convertnya ke komputer Anda.

Langkah berikutnya adalah mengimpor file .xml yang telah diconvert tadi ke wordpress. Caranya masuk ke dashboard blog wordpress Anda, > Klik menu Tools >Import:
(lihat contoh gambar dibwah ini)

Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Klik Tols dan Pilih WordPress:
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Upload file .xml yang sudah diconvert tadi:
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Lanjut Klik Submit
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Selesai... Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress
Berhasil...
Nah sekarang kita tidak perlu khawatir lagi jika blog kita dihapus olah google yang terpenting kita harus rajin membackup postingan secara berkala.

NB:
Untuk Anda yang blognya telah mempunyai banyak postingan biasanya cara diatas akan mendapatkan kegagalan karena ukuran file .xml blog tersebut terlalu besar dan tidak bisa diconvert menggunakan tool di atas.

Jika Anda ingin mengatasi masalah tersebut Anda dapat melakukannya dengan cara  mengimport terlebih dulu file .xml ke blog baru di blogspot.com dan setelah itu baru Anda dapat memindahkannya ke pltafrom wordpress dengan cara biasa menggunakan plugin / fitur import yang ada di wordpress.
Baik sampai disini saja artikel Idsiteblog.com yang kami tulis ini dengan berjudulkan Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress. semoga ini dapat membantu Anda dalam permasalahan perpindahan blog platfrom blogspot ke wordpres. Jika ada yang kurang paham silahkan tinggalkan pertanyaan anda di kotak komentar yang telah disediakan dibawah. Terimakasih.
Advertisement
Membackup, Mengimport Postingan Dan Cara Pindah Platfrom Blogspot ke WordPress